PROFIL SEKOLAH
1. Visi dan Misi
Visi
Semangat Berkreasi Kompetitif Melalui Keseimbangan Penguasaan Iptek dan Imtaq.
Misi
1. Nyaman dalam proses belajar mengajar.
2. Padan sarana prasarana.
3. Menghormati azasi
4. Diterima masyarakat.
5. Manajemen berbasis sekolah
2. Tujuan Sekolah
Tujuan SMA Negeri 3 Banjar adalah sebagai berikut :
1. Mampu berkreasi yang kompetitip dengan berlandaskan keseimbangan
penguasaan Iptek dan Imtaq.
2. Mampu menumbuhkan rasa nyaman daan menyenengkan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
3. Mampu menciptakan kepadanan sarana dan prasarana yang optimal.
4. Mampu menumbuhkan rasa hormat yang Azasi
5. Mampu menciptakan Sekolah sebagai pelayan masyarakat yang optimal.
6. Meningkatkan manajemen sekolah yang berbasis MBS.
3. Srategi
3.1 Penataan Kelembagaan
1. Memperluas visi dan misi sekolah, sehingga dihayati dan disosialisaikan secara menyeluruh oleh seluruh stap tenaga kependidikan di SMAN 3 Banjar.
2. Menyempurnakan Struktur Sekolah melalui pembagian tugas,fungsi dan peranannya.
3. Menyamakan persepsi dalam mengupayakan optimalilasi program sekolah.
3.2 Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM)
1. Pembinaan guru sebagai tenaga edukatif dengan peningkatan kemampuan profesionalnya sebagai guru melalui penataran dan MGMP.
2. Pendayagunaan stap tenaga kependidikan secara optimal dan meningkatkan kesejahteraan secara materi maupun phyikis.
3.3 Siswa
1. Penerimaan siswa secara kualitan dan kuantitas.
2. Pembinaan kesiswaan melalui kegiatan OSIS, Pramuka, Paskibra, PMR dan Ekstrako-kurikuler.
3. Peningkatan nilai relijius melalui pengamalan kehidupan beragama dalam kegiatan sehari-hari.
3.4. Pendanaan
1. Tersusunnya RAPBS yang realistis dan programatis.
2. Mengefektifkan dana dari siswa/orang tua siswa melalui SPP dan IPP.
3.5. Sarana dan Prasarana
1. Mengoptimalkan ruang belajar, Labolatorium, Perpustakaan yang menunjang proes belajar mengajar yang efektif
2. Pemeliharaan sarana sehingga berfungsi dengan baik, bersih dan rapih serta menarik.
3. Menata taman sekolah dengan baik dan rapih.
4. Menata sekolah yang berwawasan lingkungan hidup
5. Melengkapi sarana pembantu pembelajaran.
3.6 Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
1. Adanya kalender pendidikan yang telah disosialisasikan kepada seluruh stap tenaga kependidikan.
2. Tersusunnya jadwal pelajaran dan pembagian tugas mengajar
3. Memiliki kurikulum yang lengkap dengan silabusnya
4. Guru membuat administrasi Guru
5. Terlaksana kegiatan ekstra ko-kurikuler yang baik dan efektif
6. Mampu melaksanakan ujian Sekolah maupun ujian Nasional dan mampu meningkatkan perolehan nilainya.
3.7 Peningkatan Managemen Pendidikan
Peningkatan managemen pendidikan dilaksanakan melalui efektifitas pelaksanaan sesuai dengan bidang-bidang sasaran yang sudah direncanakan, diorganisir, digerakan dan diawasi secara baik dan optimal.
3.8 Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat
Mengadakan hubungan timbal balik yang baik dan sehat serta konstruktif dan kreatif, seperti :
1. Berpartisipasi dalam kegioatan masyarakat, melalui : Olah Raga, Kesenian, Kerja Bakti Upacara peringatan Hari-hari Nasional danKeagamaan.
2. Pemberian pasilitas bagi masyarakat, melalui : Penggunaan Lapangan basket bal, alat-alat kesenian, Ruangan / kampus sepanjang tidak mengganggu proses kegiatan belajar mengajar ( KBM).
3. Mengundang tokoh-tokoh masyarakat sebagai sumber Belajar sesuai dengan profesi dan kemampuannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar